Mengapresiasi Puisi

Apresiasi puisi artinya menikmati, menghayati, serta mengambil hikmah dari puisi yang dibacanya. Ada yang bilang bahwa mengapresiasi puisi dengan baik merupakan langkah awal untuk bisa menulis puisi yang baik. Kemampuan berpuisi hanya bisa dicapai hanya dengan proses belajar terus menerus yang dalam perkembangannya akan sangat dipengaruhi keadaan lingkungan sekitarnya. (AZN)
Jadi, mengapresiasi puisi tak cukup hanya menjadi gelas kosong tanpa isi, setidaknya kita menjadi gelas kosong yang setengah berisi, agar kita tak hanya berdenting tanpa henti atau retak tak bertepi karena dentingnya menarik hati untuk terus dipukuli. Kita juga harus mempunyai pengetahuan yang memadai agar bisa berbagi pengetahuan dengan yang lain. Dengan hal ini gelas milik kita tidak hanya akan dipenuhi oleh pengetahuan dari orang lain, tapi akan bercampur dengan ‘isi’ yang sebelumnya telah kita miliki tadi. Ibaratnya, kita menyediakan gelas berisi air bening setengahnya, lalu akan ditambahi batu es, sirup, dan potongan buah.
Tapi juga tak cukup hanya menjadi gelas kosong atau setengah berisi jika tutupnya tidak terbuka karena nantinya kita bisa bernasib sama seperti katak dalam tempurung. Kita tidak akan mendapatkan pengetahuan apa-apa selain apa yang ada dalam gelas kita. Jika gelasnya tak berisi, bisa jadi isinya hanya suara kita sendiri. Jika pun berisi, itu tak lebih dari sekadar air bening. Tak juga cukup dengan membuka tutup gelas tapi membiarkan dasarnya bolong, pengetahuan yang telah masuk hanya akan terbuang sia-sia.
So, jangan takut untuk mengapresiasi puisi, apapun namanya, entah itu bedah puisi atau apresiasi puisi. Puisi, selain membutuhkan kehadiran penyairnya, juga membutuhkan apresiator, membutuhkan publik atau pemirsa yang akan membacanya, menikmati, serta mencintainya. Sekali lagi, mengapresiasi puisi dengan baik merupakan langkah awal untuk bisa menulis puisi dengan baik.
Selamat mengapresiasi puisi.

(ditulis oleh Adi Saputra, Wakasuk WR Puisi)
Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

Followers