All ABout Poetry edisi 9 Desember 2011

Sejauh mana pengaruh tata bahasa dalam menulis sebuah puisi?
Jawab
Tata bahasa berperan sebagai penjelas makna puisi yang ditulis oleh penulis kepada pembaca.
Apa yang dimaksud dengan metafora? Dan sejauh mana pentingnya metafora dalam sebuah puisi?
Jawab
Metafora adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis. Misal: matahari dengan “raja siang”. Metafora berperan memperindah sekaligus memperkuat dan memperindah puisi yang kita tulis.
Bagaimana memilih kata dengan metafora yang pas dengan tema kita?
Jawab
Metafora yang pas memang tergantung tema. Metafora dapat dibangun dengan mengumpulkan puisi standar dengan bernilai sastra tinggi dan mengumpulkannya ke dalam “bank metafora”.
Seberapa penting tanda baca dalam puisi?
Jawab
Tanda baca berperan menentukan irama dan nada dalam sebuah puisi.
Dalam puisi baru, apakah jumlah baris dalam satu bait harus sama?
Jawab
Hadirnya puisi baru sebagai bentuk pendobrakan pada format puisi lama, sehingga puisi baru bebas dari aturan.
Saya pernah baca beberapa puisi yang dalam satu baitnya disusun seperti sebuah paragraf (ganti baris setelah masuk bait berikutnya), apakah diperbolehkan? Dan bagaimana menciptakan irama dalam puisi tersebut?
Jawab
Puisi tersebut dikenal dengan puisi narasi. Trend kini sedang mengarah pada puisi seperti itu. Kehadiran puisi seperti itu justru memperkaya khazanah perpuisian di negeri kita. Irama dalam puisi merupakan paduan bunyi yang menimbulkan unsur musikalitas, baik berupa alunan keras-lunak, tinggi-rendah, panjang-pendek, dan kuat-lemah yang keseluruhannya mampu menum-buhkan kemerduan, kesan suasana serta nuansa makna tertentu. Dalam puisi narasi dapat diperkuat dengan menambahkan dialog atau monolog singkat.

Puisi haiku itu apa dan seperti apa?
Jawab
Puisi haiku merupakan sejenis puisi Jepang yang pendek dikarenakan pemotongan atau dalam artian karena adanya pemenggalan pada kalimat yang sebenarnya memanjang.
Basho adalah seorang penyair Jepang yang terkenal dan yang juga telah berjasa dalam mengenalkan Haiku. Walaupun Haiku bertahan hingga saat sekarang ini, namun orang-orang Jepang lebih menikmati membuat puisi dengan bentuk modern atau masa kini dibandingkan membuat Haiku. Haiku dapat berisi tentang apa saja. Tetapi banyak orang menulis Haiku untuk menceritakan tentang alam dan kehidupan sehari-hari. Tiga baris Haiku menciptakan rasa yang menggambarkan emosi dari penyairnya.
Bagaimana cara mengirim puisi ke media cetak baik koran maupun majalah? Apakah puisi yang dikirim minimal 5 puisi?
Jawab
Lihat aturan rubrik puisi pada media massa tersebut. Kadang setiap penulis hanya disediakan satu karya atau kadang satu terbitan untuk satu penulis. Mengirim saat ini lebih diarahkan menggunakan email. Perhatikan baik-baik alamat email yang dituju serta aturan detil yang diminta redaktur.
Bagaimana dengan tema puisi yang akan kita kirim ke media tersebut? Dengan menggunakan satu tema atau tema yang beragam? Misal satu puisi temanya “sendu” apakah puisi yang lain juga bertema sendu? Atau boleh ada yang gembira? Atau bagaimana?
Jawab
Sebaiknya satu tema agar redaktur merasa terkesan dan bisa memilih mana yang paling kuat dari tema yang kita buat.
***
Salam,
Pak Bambang

(Dirangkum oleh Fransiska Manginsela, Kasuk WR Puisi)

0 comments:

Post a Comment

Followers